Aplikasi Menulis Aksara Jawa

5 Aplikasi Menulis Aksara Jawa Terbaik, Lengkap dan Gratis!

Diposting pada

Royalindonesia| Aplikasi menulis aksara Jawa perlu kamu instal sekarang juga kalau ingin cepat-cepat memahaminya. Dengan adanya aplikasi ini, kamu tidak perlu lagi menggunakan Pepak Boso Jowo (Pepak Bahasa Jawa).

Seperti yang kita ketahui, aksara Jawa atau huruf Jawa kini jarang kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Tapi kalau kamu berkunjung ke Yogyakarta dan Solo, kamu akan menemukan papan jalan yang ditulis dengan aksara Jawa.

Dulu, aksara Jawa menjadi media untuk menyampaikan informasi dari kerajaan-kerajaan. Tidak heran prasasti-prasasti batu zaman kerajaan dulu menggunakan tulisan aksara Jawa.

Saat ini penggunaan huruf aksara Jawa telah berkurang. Tapi sekolah-sekolah biasanya masih mengajari bagaimana cara menulis aksara Jawa. Nah, kamu bisa banget nih memanfaatkan aplikasi nulis aksara Jawa yang kami rekomendasikan di bawah ini untuk menunjang aktivitas belajarmu.

Rekomendasi Aplikasi Menulis Aksara Jawa Terbaik

Sedikitnya ada lima aplikasi nulis aksara Jawa terbaik yang tersedia Play Store. Kamu bisa meng-instal salah satu atau beberapa aplikasi ini ya!

1. Nulis Aksara Jawa

Aplikasi Nulis Aksara Jawa bisa kamu jadikan penunjang untuk belajar dan berlatih dalam menulis aksara Jawa. Di awal tampilannya, aplikasi ini langsung meminta penggunanya menuliskan atau mengetikkan kata atau kalimat dengan huruf alphabet. Kemudian sistem akan memberikan padanannya dalam aksara Jawa.

Aplikasi Menulis Aksara Jawa

Lebih lanjut, aplikasi Nulis Aksara Jawa juga memberikan pembahasan tentang kepenulisan aksara Jawa secara ringkas. Selebihnya, pengguna akan diminta belajar dan berlatih menulis aksara Jawa secara mandiri.

Sayangnya, aplikasi Nulis Aksara Jawa tidak memliki fitur cek kata apakah tulisan aksara Jawa yang pengguna tulis sudah tepat atau belum. Hal tersebut tentunya menjadi salah satu kekurangan dari aplikasi Nulis Aksara Jawa.

2. Nulis Aksara

Aplikasi menulis aksara Jawa yang kedua ialah Nulis Aksara. Sebenarnya bukan hanya aksara Jawa, melalui aplikasi ini kamu juga bisa nulis aksara Sunda, Lampung dan Bali.

Nah, saat pertama kali membuka aplikasi Nulis Aksara, kamu akan diminta langsung menuliskan kalimat. Kemudian, sistem akan memunculkan padanannya dalam aksara Jawa atau jenis aksara lainnya yang kamu pilih.

Selain itu, melalui aplikasi ini, kamu juga bisa belajar mencermati aksara demi aksara dan kata-kata dalam aksara Jawa. Caranya, kamu tinggal klik ikon bentuk buku di pojok kanan atas layar smartphone-mu. Bisa kita bilang, aplikasi Nulis Aksara ini cukup bagus untuk kamu yang pengin belajar menulis aksara Jawa dengan cepat dan tepat.

3. Marbel Hanacaraka

Aplikasi Marbel Hanacaraka ini cukup menarik dan mengasyikkan sebagai sarana belajar menulis aksara Jawa. Bahkan, anak-anak juga sangat disarankan menggunakan aplikasi ini agar cepat bisa nulis aksara Jawa.

Aplikasi Menulis Aksara Jawa

Ada dua fitur utama yang aplikasi Marbel Hanacaraka tawarkan, yakni fitur bermain dan belajar. Dalam fitur bermain, kamu bisa menjalankan 4 jenis permainan, yakni puzzle, tebak aksara Jawa, menulis aksara Jawa dan tebak pasangan. Sementara itu, fitur belajar terbagi dalam 10 materi, di antaranya materi aksara Jawa, pasangan, sandangan dan lain sebagainya.

Kamu tidak akan kebingungan menjalankan aplikasi Marbel Hanacaraka. Sebab, begitu kamu membuka aplikasi ini, narator akan memandumu untuk mencoba semua fitur yang ada.

4. Nulis Jawa

Aplikasi nulis aksara Jawa terbaik yang keempat yakni Nulis Jawa. Aplikasi ini tersedia di Play Store dan bisa kamu download di smartphone Android.

Fungsi utama aplikasi Nulis Jawa yakni mengubah tulisan dengan huruf alphabet menjadi tulisan aksara Jawa hanacaraka. Jadi, kamu hanya perlu mengetikkan kata atau kalimat dengan huruf alfabet, kemudian sistem akan mengubahnya langsung menjadi kata dalam aksara Jawa.

Oh ya, aplikasi Nulis Jawa juga bisa mengubah kata dalam aksara Jawa menjadi kata dalam huruf alphabet. Caranya seperti tadi, kamu hanya perlu mengetikkan tulisan aksara Jawa, kemudian sistem secara otomatis akan mengubahnya menjadi tulisan berhuruf alfhabet.

5. Menulis Aksara Jawa

Aplikasi Menulis Aksara Jawa ini diproduksi oleh Smooth Home Production. Menulis Aksara Jawa ini termasuk aplikasi baru karena baru rilis tahun lalu.

Meski jadi pendatang baru, Menulis Aksara Jawa tidak kalah bagus dengan aplikasi-aplikasi yang menjadi kompetitornya lho. Kamu bisa menggunakan aplikasi nulis Aksara Jawa ini untuk menerjemahkan atau mengubah kata dalam huruf alfabet menjadi kata dalam huruf aksara Jawa hanacaraka.

Caranya mudah banget, kamu hanya perlu menuliskan kata dalam huruf alfabet di kolom yang tersedia. Kemudian, sistem akan mengubahnya secara otomatif menjadi kata dalam aksara Jawa hanacaraka.

Kamu juga bisa menggunakan aplikasi nulis Aksara Jawa saat ingin mengirimkan pesan teks dalam aksara Jawa ke temanmu via aplikasi chatting. Selain itu, aplikasi ini juga bisa menjadi fasilitas untuk belajar nulis aksara Jawa secara mandiri.

Itulah rekomendasi lima aplikasi menulis aksara Jawa terbaik yang bisa kamu gunakan untuk sarana belajar. Kamu bisa men-download salah satu atau beberapa aplikasi di atas sebagai sarana belajar menulis aksara Jawa dengan tepat dan cepat.

Gambar Gravatar
Penulis yang fokus membahas teknologi dan informasi bisnis yang berguna

1 komentar

Tinggalkan Balasan