opera mini apk

Opera Mini APK: Browser Hemat Data

Diposting pada

Opera Mini telah menjadi salah satu aplikasi peramban web yang populer di seluruh dunia. Hal ini disebabkan oleh fungsinya yang sangat berguna, terutama bagi mereka yang memiliki koneksi internet yang lambat atau terbatas. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk menelusuri situs web dengan cepat dan mudah, serta menghemat kuota data. Oleh karena itu, pada artikel kali ini kami akan membahas secara rinci tentang Opera Mini apk, termasuk sejarah, fitur, kelebihan dan kekurangan, serta cara download dan cara penggunaannya.

Sejarah Opera Mini

Opera Mini pertama kali diluncurkan pada tahun 2006 oleh Opera Software AS, sebuah perusahaaan peramban web yang berbasis di Norwegia. Awalnya, aplikasi ini hanya tersedia untuk beberapa platform, termasuk Java ME, Symbian OS, dan juga Windows Mobile. Namun, seiring perjalanan waktu, Opera Mini semakin populer dan akhirnya tersedia untuk berbagi platform, termasuk Android dan iOS.

Fitur-Fitur Opera Mini

Opera Mini memiliki sejumlah fitur yang membedakannya dari aplikasi peramban web lainnya. Beberapa fitur utama dari Opera Mini adalah sebagai berikut:

1. Penghemat Baterai

Bagi yang merasa baterai ponsel cepat habis saat menjelajahi internet, maka Kamu tidak perlu khawatir lagi. Opera Mini ini mempunyai fitur penghemat baterai yang mampu mengoptimalkan penggunaan baterai ponsel Kamu, sehingga Kamu dapat menjelajahi internet lebih lama dari sebelumnya.

2. Penghemat Data

Pengin  browsing tapi kuota data tinggal sedikit? Tenang, Opera Mini ini juga memiliki fitur penghemat data yang dapat mengurangi penggunaan data Kamu hingga 90% banyaknya. Fitur ini dapat Kamu gunakan dengan mengaktifkannya melalui pengaturan yang terdapat di aplikasi ini.

3. Mode Penyamaran

Apakah Kamu orang yang sangat menjaga privasi riwayat penjelajahan internet Kamu? Jika iya, maka Kamu dapat menggunakan fitur mode penyamaran yang terdapat di aplikasi ini. Dengan fitur mode penyamaran ini akan memungkinkan Kamu untuk menjelajahi berbagai web tanpa meninggalkan jejak atau riwayat browsing sedikitpun.

4. Pemutar Video Bawaan

Apabila Kamu mengunduh video melalui aplikasi ini, maka Kamu akan bisa memutarnya langsung di Opera Mini tanpa harus membuka aplikasi pemutar video lain. Hal ini karena Opera Mini sudah mempunyai pemutar video bawaan yang bisa langsung Kamu gunakan.

5. Blokir Iklan

Lagi masuk web tapi tiba-tiba iklan muncul dan menutupi artikel yang ingin kita baca. Hal ini tentunya sangat membuat kita tidak nyaman ya kan? Namun karena aplikasi ini telah menyediakan fitur blokir iklan, maka iklan yang biasanya muncul akan hilang seketika dan kita dapat lebih leluasa dalam membaca artikel.

6. Enkripsi SSL

Merasa kurang aman saat melakukan browsing web? Jika iya, maka berbahagialah karena aplikasi ini menggunakan enkripsi SSL yang dapat melindungi data Kamu saat melakukan browsing web. Data tersebut meliputi data sensitif seperti kata sandi dan informasi pribadi Kamu.

7. Mode Pembaca

Fitur terakhir dari aplikasi ini yaitu fitur mode pembaca. Fitur ini berguna untuk mempermudahkan kita saat membaca sebuah artikel melalui aplikasi ini. Cara kerja fitur ini yaitu dengan menghilangkan gangguan visual dari halaman web yang sedang kita baca.

 

Kelebihan

1. Hemat Kuota Data

Kelebihan utama dari aplikasi browser ini adalah Kamu dapat menghemat kuota data Kamu saat melakukan browsing web melalui aplikasi ini. Hal tersebut dapat terjadi karena Opera Mini apk memiliki kemampuan yang dapat mengompres halaman web sebelum mengirimkannya ke ponsel Kamu.

2. Cepat dan Mudah Digunakan

Opera Mini ini telah dirancang agar memiliki tampilan interface yang sederhana dan juga intuitif. Sehingga selain cepat dalam melakukan browsing web, aplikasi ini juga mudah digunakan oleh penggunanya.

3. Fitur Pribadi yang Kuat

Seperti yang sudah kami sampaikan di atas, aplikasi ini dilengkapi dengan berbagai fitur pribadi yang kuat seperti mode penyamaran yang berguna untuk menghilangkan jejak atau riwayat browsing kita, dan juga penggunaan enkripsi SSL yang dapat melindungi berbagai data pribadi kita.

 

Kekurangan

1. Kurangnya Dukungan untuk Situs Web Terbaru

Karena Opera Mini mengompresi halaman web sebelum mengirimkannya ke perangkat pengguna, beberapa situs web terbaru dan canggih mungkin tidak dapat diakses melalui Opera Mini.

2. Tidak Mendukung Ekstensi

Opera Mini tidak mendukung ekstensi seperti peramban web lainnya seperti Chrome atau Firefox. Hal ini dapat menjadi masalah bagi pengguna yang memerlukan ekstensi tertentu untuk bekerja atau menjelajahi web dengan lebih baik.

3. Tampilan Yang Kurang Menarik

Meskipun Opera Mini dirancang untuk memberikan pengalaman browsing web yang cepat dan mudah digunakan, tampilannya kurang menarik dan kurang memiliki fitur desain yang modern

Cara Download dan Penggunaannya

Cara Download

1. Pertama Kamu masuk ke Google Play Store atau App Store yang ada di ponsel Kamu.
2. Kemudian masukkan keyword “Opera Mini” di kolom pencarian yang sudah tersedia.
3. Pilih aplikasi Opera Mini yang dikembangkan oleh Opera Software AS atau bisa dengan klik di sini.
4. Klik “Instal”, kemudian tunggu hingga proses pengunduhan selesai.
5. Jika sudah, klik buka untuk membuka aplikasi.

Cara Penggunaan

1. Apabila Kamu sudah berhasil masuk ke dalam aplikasi Opera Mini, maka Kamu akan berada di halaman utama aplikasi.
2. Masukkan URL situs web yang ingin Kamu kunjungi di kolom pencarian yang berada di bagian atas halaman.
3. Jika sudah, Klik tombol “Pergi” atau simbol ” Panah Kanan” untuk mulai mengunjungi.
4. Apabila Kamu sudah selesai membaca, Kamu bisa kembali ke halaman sebelumnya dengan menekan tombol “Kembali” atau simbol “Panah Kiri”.
5. Jangan lupa untuk menggunakan berbagai fitur yang tersedia di aplikasi ini, agar pengalaman browsing Kamu lebih baik.

Penutup

Dan itu tadi pembahasan lengkap mengenai Opera Mini Apk. Kesimpulannya, Opera Mini merupakan aplikasi peramban web yang rekomended banget buat Kamu pakai. Apabila ada kata-kata yang susah untuk dipahami, Kamu dapat menanyakannya melalui kolom komentar.

Baca Juga :

UC Browser Tercepat Untuk Download Video

Aplikasi Web Browser Terbaik dan Tercepat Untuk HP Android

Azka Browser Anti Blokir APK

Yandex Browser Jepang Dengan Fitur Keren Nya!

Gambar Gravatar
Penulis di bidang teknologi yang berupaya mengantarkan Anda mendapatkan informasi akurat mengenai aplikasi-aplikasi terbaik dan tutorial penting.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *